Sistem Ekonomi Indonesia Yang Pernah Digunakan


Sistem Ekonomi Indonesia Yang Pernah Digunakan  


http://www.cakupanbisnis.com/2018/10/sistem-ekonomi-indonesia-yang-pernah.html

Sistem ekonomi, merupakan suatu tatanan pemerintahan yang mengatur semua akfitas yang berhubungan dengan perekonomian, baik yang dilakukan oleh pihak swasta ataupun pemerintah. Adapun tujuan dibentuknya peraturan itu adalah, untuk mengetahui dengan benar apa, bagaimana dan siapa yang menggunakan produksinya. Tiap-tiap negara, tentunya berbeda bentuk dan aturannya.
Di Indonesia sendiri, hal ini sudah diterapkan pada waktu penjajahan.

Dari masa ke masa, setiap saat berubah. Indonesia di saat zaman Orde Lama hingga Orde Baru, sudah mengalami perubahan yang cukup membaik. Terhitung sudah empat kali berganti.

1.       Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem tersebut rakyat menggunakan alat-alat tradisional, guna memenuhi segala kebutuhannya. Memiliki kateristik sebagai berikut :
-          Belum ada pembagian kerja yang jelas
-          Masih memakai sistem barter, sebab belum mengenal mata uang
-          Kebiasaan masyarakat yang menjadikan kegiatan ekonomi ini ada
-          Produksi barang menyesuaikan kebutuhan hidup
-          Sumber kehidupan adalah tanah
-          Kesejahteraan rakyat saat itu benar-benar memprihatinkan


2.       Sistem Ekonomi Komando

Mempunyai ciri, pemerintah bertanggung jawab serta berkuasa penuh, atas roda perekonomian yang sedang berlangsung. Pengaturan, pengawasan, penentuan dan pengendalian, semua hal yang terkait erat dengan kegiatan ekonomi, mutlak diatur oleh pemerintah.


3.       Sistem Ekonomi Liberal

Sistem ini disebut pula sebagai dengan pasar atau kapitalis. Cirinya yakni perseorangan mempunyai alat produksi sendiri, akan tetapi belum ada pembagian kelas dalam masyarakat, sehingga persaingan di antara para penguasa tak terelakkan lagi. Dan pada akhirnya, sistem tersebut selalu memberi dampak keduanya, antara kebaikan dan keburukan.


4.       Sistem Ekonomi Campuran

Merupakan percampuran antara ekonomi komando dan liberal. Sebenarnya Indonesia lebih ideal menerapkan sistem tersebut. Namun sayangnya, lebih menganut paham kapitalis. Akibatnya banyak investor dari negara asing masuk ke Indonesia.
Tak dapat dicegah, sebab adanya pengaruh pasar bebas dunia yang terjadi saat sekarang. Akan tetapi, bila dilihat dari sisi positifnya, banyak pelajaran yang dapat diambli, oleh pemerintah atau masyarakat sendiri.



  

0 Response to "Sistem Ekonomi Indonesia Yang Pernah Digunakan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel