Pengaruh Saham Bagi Perekonomian Indonesia


Pengaruh Saham Bagi Perekonomian Indonesia

Ketika orang bertanya, seberapa besar pengaruh saham bagi perkembangan ekonomi Indonesia, tentu akan diperoleh jawaban--sangat berdampak sekali. Dan bahkan bukan hanya itu, masalah keuanganpun mengikuti di belakangnya juga. Untuk lebih jelasnya, dapat Anda ikuti penjelasan selanjutnya.


Pasar modal mempunyai fungsi ekonomi, sebab menyediakan media sebagai tempat bertemunya antara para investor dan issuer. Di mana masing-masing membawa kepentingannya sendiri-sendiri. Investor (pemilik dana) akan menginvestasikan dananya, dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan tertentu/return. Sementara issuer (pihak yang membutuhkan dana) dalam hal ini adalah, perusahaan memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan investasi, tanpa harus tersedianya dana dari operasi perusahaan bersangkutan.

Dan pasar modal juga memiliki fungsi soal keuangan, karena memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return), bagi investor sesuai karateristik investasi yang dipilih. Memerhatikan dua fungsi di atas, tentu pemerintah berharap banyak adanya pasar modal tersebut. Berharap dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Karena, merupakan alternatif dari pendanaan bagi perusahaan-perusahaan, sehingga dapat beroperasi lebih besar lagi, menyerap banyak tenaga kerja dan kemakmuran masyarakat dapat dicapai.

Jadi bisa dibayangkan andaikata pasar modal mengalami sentimen negatif, bisa dipastikan nilai mata uang rupiah juga berubah. Sebab hal ini dipengaruhi oleh tingkat pembelian dan penjualan saham di bursa efek, tempat investor bertemu dan memainkan peranannya.
http://www.cakupanbisnis.com/2018/10/pengaruh-saham-bagi-perekonomian.html
sumber:crowdstreet.com
Perkembangan pasar modal dipengaruhi oleh banyak indikator, seperti : Nilai kapitalisasi, nilai saham yang ditransaksikan, dan indeks harga saham. Jika salah satu dari variabel ini mengalami perubahan, otomatis secara tidak langsung berpengaruh pada stabilitas perekonomian maupun politik serta keamanan. Merefleksikan perilaku dari para pelaku ekonomi terhadap kondisi domestik.
Ini dapat diperhatikan dari perkembangan niai tukar, pertumbuhan investasi riil, pertumbuhan tingkat inflasi dan neraca pembayaran akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi dan menghasilkan trickle-down-effect, yang bermuara pada perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Di Indonesia ikut menyumbang pertumbuhan, terutama dari pembayaran pajak penghasilan yang didapat dari investor itu sendiri, saat memperoleh keuntungan.

0 Response to "Pengaruh Saham Bagi Perekonomian Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel