Tips memilih investasi yang sesuai dengan profesi

Tips memilih investasi yang sesuai dengan profesi

www.cakupanbisnis.com
choose your investment

Untuk memulai sesuatu yang besar tidak selalu harus dilakukan secara besar-besaran pula. Ini merupakan salah satu pedoman yang dilakukan oleh salah satu Executive Vice President Intermmediary Busines Management di 
Schroders yang patut tiru, dalam melakukan sebuah investasi. 

Bkagi orang yang belum mengenal dunia investasi pastilah tidak banyak mengenal produk investasi, mungkin yang kita tau hanya sebatas deposito ataupun tabungan yang bisa digunakan untuk menyimpan dana buat masa depan kita. 

Hal dasar dan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat lainnya adalah investasi di valuta asing atau pertukaran mata uang antar negara yang bisa kita lakukan digerai-gerai money changer. 


Di Indonesia sendiri sebenarnya telah berdiri sebuah perusahaan manager investasi terbesar di Indonesia yakni bernama Schroders, perusahaan ini berfokus pada pasar uang atau pasar modal, seperti reksadana, saham dan sebagainya.


Di sini Saya menganjurkan reksadana sebagai opsi utama bagi Anda yang ingin memulai sebuah investasi yang mungkin sebagian besar profesi dari Anda adalah sebagai seorang kantoran.

Kenapa reksadana? karena dalam kepengurusannya yang mudah, modal yang kecil, resiko modal hilang yang hampir tidak ada dan waktu yang diperlukan juga sangat fleksibel menurut jam -jam di luar kantor Anda juga bisa.

 Alasan lain kenapa harus memilih reksadana adalah nilai imbal baliknya atau disebut juga sebagai return yang cenderung mengalami kenaikan, serta reksadana ini lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan tabungan atau deposito di bank.


HARUS BISA JUJUR

Banyak dari para pemain investasi maupun yang telah berkecimpung di dalam dunia pasar modal mempunyai portofolio investasi yang sebenarnya bertolah belakang dengan profesi yang sedang di jalaninya, portofolio instrumen pasar modalnya malahan lebih unggul di bandingkan dengan portofolio lain seperti contohnya properti.


Untuk memulai di dunia investasi ini juga kita tidak boleh asal - asalan masuk begitu saja, kita harus research, mencari tahu sampai detil, sampai benar - benar paham, dan sumber yang kita gunakan untuk mencari wawasan di dalam dunia investasi ini bukan  hanya dari 1 sumber saja, bahkan kita perlu, dua, tiga atau bahkan empat sumber sekaligus.


Karena di dalam investasi juga, kita harus pandai - pandai di dalam menganalisa, semisal kita juga harus paham - paham betul kapan waktunya melakukan rebalancing portofolio dan sebagainya, tanpa di bekali wawasan bahkan pengalaman maka hal ini sangat sulit di lakukan apalagi kita baru terjun di dalam dunia investasi.


Setiap orang yang melakukan investasi  juga harus benar - benar memahami apa tujuan utama di dalam berinvestasi, jika keikutsertaan dia di dalam berinvestasi hanya sekedar untuk mencoba dan mungkin tertarik karena penawaran - penawaran sales belaka, maka hal ini sebisa mungkin di hindari, karena jika kita hanya ikut - ikutan maka cenderung ceroboh di dalam mengelola management keuangannya.

Akan tetapi jika melakukan investasi memang benar - benar di dasari oleh  tujuan yang pasti semisal, untuk mempersiapkan dana jika sudah menginjak waktunya pensiun, hari tua dan untuk kebutuhan menyekolahkan anak - anaknya, artinya melakukan investasi dengan tujuan jangka panjang, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka investasi yang sangat cocok bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang kantoran, investasi reksadanalah jawabannya, apalagi bagi pegawai kantoran seperti Anda.


Jika kita sudah mmengetahui seluk beluk di dalam berinvesatasi, bahkan kita juga sudah berpengalaman di dunia investasi, tidak ada salahnya bahkan harus untuk kita mengenalkan investasi ini kepada anak - anak kita sejak usia dini, karena begitu pentingnya investasi ini. 

Dengan berivestasi kita tidak perlu repot - repot dalam menyiapkan dana pensiun, dana hari tua, bahkan ketika waktunya menyekolahkan anak kita. karena kita tahu tidak semua dari kita ini terlahir dari keluarga yang berada, jadi tinggal menikmati saja pundi - pundi materi dari warisan orang tua atau dari income perusahaan yang sudah di kelola sejak dulu dari orang tuanya.

Maka dari itu mulailah berinvestasi dari sekarang! tentukan produk investasi yang cocok bagi profesi Anda, bisa emas, reksadana, saham, valuta asing atau bahkan properti.

Mungkin pembahasan mengenai Tips memilih investasi yang sesuai dengan profesi ini cukup sekian, dan Cakupan Bisnis akan selalu mengupdate jika ada hal - hal baru yang berkaitan dengan bisnis, saham, investasi, forex, dan  tips keuangan.

ACT AND GET FINANCIAL FREEDOM

0 Response to "Tips memilih investasi yang sesuai dengan profesi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel