Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin


Kelebihan & kelemahan bitcoin by cakupan bisnis

Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin

Setelah Anda membaca artikel terdahulu tentang Bitcoin, maka pada bagian ini akan ditulis mengenai kekurangan dan kelebihan dari mata uang virtual tersebut.

 Seperti telah diketahui bersama bahwa bitcoin merupakan alat transaksi global, di mana semua orang dapat mengaksesnya. Tak ada campur tangan dari lembaga manapun juga tak ada pemerintah yang bertanggung jawab.


Kelebihannya :

Keamanan boleh diandalkan

Mata uang konvensional sering rawan pemalsuan, aturan kriptografi yang diterapkan pada bitcoin, membuat para pemiliknya terhindar dari risiko yang sama.


Berperan sebagai mata uang global

Masing-masing negara pastinya telah memiliki mata uang sebagai alat pembayaran. Akan tetapi untuk bitcoin, ia dapat hadir dan masuk di posisi negara manapun bersifat netral.

Tidak mengenal batas negara, tidak goyah sebab kondisi politik di pemerintahan serta tidak terpengaruh oleh apapun.


Pelindung inflasi

Bitcoin dapat menekan laju inflasi yang berlebihan. Keberadaanya layaknya emas, yang dianggap mampu berperan sebagai pelindung dari inflasi.


Tabungan

Merupakan bentuk baru dari tabungan masyarakat yang diterapkan dengan sistem baru tidak merepotkan. Istimewanya lagi, perantara keuangan yang biasa terjadi pada bank-bank dapat dihilangkan. Para pemegangnya juga tidak perlu membayar biaya layanan dan registrasi.


Demikian kelebihan yang dapat disebutkan. Namun sebelum memutuskan ikut andil membeli mata uang ini, alangkah baiknya mempertimbangkan pula dari sisi kekurangannya supaya berimbang. Tidak hanya berpikir tentang keuntungan yang diperoleh.


Kekurangan Bitcoin :

Tidak Stabil

Anda wajib tahu bahwa mata uang bitcoin bersifat spekulatif, antara bitcoin dan forex sama saja. Berita buruknya, bisa dipastikan Anda kurang begitu menyukai. sebab bitcoin kurang familiar dikenal perusahaan sebagai alat transaksi baik pembelian maupun penjualan.


Berisiko besar hilang atau dicuri

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang keberadaannya disimpan dalam bentuk file digital atau disebut wallet file. Jika dijabarkan secara nyata, ini seperti sebuah dompet untuk menyimpan uang tunai hanya bentuknya saja yang berbeda. Dan seperti diketahui bersama jika hard disk peralatan elektronik sangat rentan pada kerusakan, serta serangan virus. Sangat berpengaruh besar membuat bitcoin yang tersimpan bisa hilang begitu saja.


Di samping itu dompet digital tersebut mudah diretas dan dicuri melalui malware. Belum lagi risiko hard dist terhapus tanpa sengaja. Lebih mengenaskan dari uang tunai. Anda kehilangan tapi tak bisa melacak kemana hilangnya.


Untuk orang-orang yang pintar mengoperasikan komputer atau ahli di bidang itu, sewaktu-waktu bisa mencurinya dari Anda. Itu bila Anda lengah dan kurang waspada melindungi perangkat canggih ini.
Sebagai tempat atau alat pencucian uang.


Telah dikatakan tadi bahwa bitcoin tidak dikontrol pemerintah atau lembaga khusus keuangan yang berwenang. Akibatnya kondisi tersebut memicu peluang besar seseorang melakukan tindakan kriminal. Seperti pencucian uang dan menghindari pajak.


Kurangnya pengawasan dan kendali pemerintah juga menyebabkan mata uang tersebut terlihat rendah dan diremehkan, menjadi tidak bernilai. Dianggap tidak sah atau ilegal, sebab tidak dipayungi oleh payung hukum yang bernama perundang-uandangan yang berlaku dan sah.


Dengan mengetahui secara jelas segala kelebihan dan kekurangan dari mata uang bitcoin, tentunya Anda sudah mendapat gambaran jelas mengenai hal tersebut. Bahwa di balik segala kemudahan yang ditawarkan, Anda harus mempersiapkan mental lebih, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya data tiba-tiba hilang begitu saja atau diretas oleh serangan virus komputer.

Inilah beberapa hal wajib yang perlu Anda ketahui sebelum menyelami Bitcoin lebih dalam.


0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel