Ingin memulai investasi saham? Ikuti panduannya berikut ini

www.cakupanbisnis.com
Pergerakan saham


Ingin memulai investasi saham? Ikuti panduannya berikut ini

Setelah membaca uraian pada artikel terdahulu, tertarikkah Anda untuk berinvestasi? Memang tidak dapat dipungkiri bila ada sebagian menganggap bila investasi saham merupakan cara paling cepat meraih keuntungan tanpa menunggu lama. Namun mempercayai itu anggapan itu tanpa diiringi dengan pengetahuan dan skill penunjang, juga akan sia-sia.


Ada 3 tipe pemain saham, yaitu :

Investor

Orang yang menginvestasikan uangnya di bursa saham untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu panjang. Ia menggunakan sistem analisis fundamental sebelum tertarik membelinya.


Trader

Orang yang memperjualbelikan saham dengan memanfaatkan fluktuasi harga saham. Dapat berinvestasi saham dalam jangka pendek hingga panjang dan menengah. Ia menggunakan analisis tehnikal dalam memutuskan jual beli sahamnya.


Spekulan

Boleh dikatakan sebagai penjudi, sebab ia tidak memiliki pengetahuan apapun di dalamnya, baik secara investor ataupun trader. Ikut berdasar rumor, terbawa arus dan iseng meramal saja.


Adapun langkah-langkah memulai menjadi investor ialah sebagai berikut :

Mengenali keuntungan investasi saham

Hal ini telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa ada dua cara, yakni capital again dan deviden. Nah, tugas Anda adalah memahami dua hal tersebut dengan benar. Jangan langsung ikut sebelum  paham dan benar-benar mengerti.


Mempelajari ilmu berinvestasi yang benar
Memastikan hal ini, akan memantapkan hati untuk berinvestasi. Anda menjadi memiliki banyak wawasan dapat menentukan hendak mengambil tipe saham seperti nantinya. Bursa efek indonesia adalah pasar modal. Di mana di sana Anda akan dipertemukan oleh para emiten (pihak yang membutuhkan modal) dengan pihak investor.

Beragam pilihan bisa Anda pilih.

Menyiapkan modal berinvestasi

Modal diambil dari uang dingin artinya uang yang tidak dipakai untuk apapun, atau dengan kata lain untuk keperluan sehari-hari. Selanjutnya tentukan kisaran harga saham yang ingin dibeli. Untuk setiap sekuritas, mereka masing-masing telah memiliki patokan harga tersendiri.


Namun penting kiranya untuk Anda ingat, jangan terpegaruh dengan jumlah yang tidak masuk akal. Siapa tahu pemilik perusahaan sedang di ambang kebangkrutan dan bermaksud menjual sahamnya murah. Beberapa waktu kemudian mengalami kebangkrutan. Ini yang harus Anda perhatikan. Telitilah sebelum membeli saham.


Memilih broker yang tepat

Sekuritas atau broker adalah perpanjangan tangan dari bursa efek indonesia. Mereka adalah anggota bursa efek yang menghubungkan investor dengan perusahaan publik. Atau menghubungkan antara investor satu dengan investor lainnya.


Sebelum menjatuhkan pilihan ke salah satu di antara mereka, baiknya perhatikan hal berikut :

MKBD atau modal kerja bersih disesuaikan, di mana semakin besar nilainya semakin kuat
Pelayanan dan fasilitas yang unggul
Riset yang komprenhensif


Membuka rekening efek

Ketika telah memutuskan memilih sekuritas dan mendaftar, Anda akan mendapat rekening dana investor serta pembukaan akun. Rdi ini akan berfungsi menyimpan dana investor ke sebuah bank yang berperan sebagai kustodian.


Mengailis hubungan saham dengan kapitalisme pasar
Kapitalis pasar merupakan hal utama yang diperhatikan banyak investor untuk memilih saham.

Hal tersebut akan menunjukkan harga sebuah perusahaan yang dihitung dari harga saham. Semakin besar kapitalis maka akan semakin besar pula perusahaan itu dihargai pasar.


Jenis-jenis saham secara umum dibedakan menjadi :

Saham blue chip

Saham jenis ini memiliki kapitaslis pasar besar di atas 10 triliun

Contohnya : Astra, bank bca, unilever dan telkom
Saham lapis dua


Saham yang mempunyai kapitalis sedang di antara 1- 10 triliun, investasi aman dan recomanded untuk diipilih


Saham lapis tiga

Saham yang kapitalisnya berada di 1 triliun, disarankan untuk tidak dipilih sebab rawan jadi gorengan alias tumbang oleh bandar saham.

Demikianlah pembahasan mengenai ingin memulai investasi saham? Ikuti panduannya berikut ini dari cakupan bisnis, semoga dapat membantu Anda untuk memulai investasi di dunia saham tentunya.

MASA DEPAN BISA DI SIAPKAN DENGAN CARA INVESTAS

0 Response to "Ingin memulai investasi saham? Ikuti panduannya berikut ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel