Buang sampah via aplikasi whatsapp

BUANG SAMPAH LEWAT WHATSAPP

www.cakupanbisnis.com
www.cakupanbisnis.com

Orang – orang sekarang ini cenderung malas untuk membuka lapangan pekerjaan karena beberapa alasan. Alasan yang paling utama yaitu terletak pada modal, menurut kebanyakan orang untuk membuka usaha memerlukan modal yang besar agar bisnis yang mereka jalankan dapat berjalan dengan lancar. Padahal uang bukan lah modal utama dalam membuka usaha. Modal yang mendasar yaitu kreativitas dan keuletan kita untuk memanfaatkan keadaan sekitar agar bisa menjadi peluang bisnis.

Selain itu ide untuk membuka lapangan pekerjaan ini juga tercetus karena waktu saya lewat sepanjang jalan banyak sekali bapak – bapak yang sudah tua tetapi masih sangat semangat untuk bekerja menjadi tukang sampah yang harus berat – berat membawa gerobaknya. Saat itu lah saya berfikir untuk bisa membuat lapangan pekerjaan bagi mereka sesuai dengan keahlian yang mereka miliki yaitu sebagai tukang sampah.

Tukang sampah disini nantinya akan kami fasilitasi dengan 1 tosa yang tertutup untuk mengambil sampah supaya bapak – bapak ini tidak perlu berat – berat membawa gerobaknya untuk dapat mengambil sampah,dengan begitu kita juga bisa membantu mereka memperbaiki perekonomian keluarganya. Nantinya 2 karyawan akan di berikan 1 tosa yang 1 nya sebagai sopir dan 1 nya nanti sebagai kernet dari sopir, 2 karyawan kita berikan 1 tosa supaya nanti mereka bisa saling membantu apabila mengambil sampah dalam jumlah yang banyak.

Di area kota besar seperti Yogyakarta sekarang ini banyak di bangun perumahan yang mana penghuninya kebanyakan masyrarakat yang memiliki ekonomi atas. Oleh karena itu masyarakatnya banyak yang sudah sibuk dalam bekerja dan berbagai aktivitas lainnya. Dari keadaan itu pun kita bisa memanfaat kannya sebagai peluang untuk membuka lapangan pekerjaan baru yang bisa mendatangkan rejeki.

Dengan masyarakat yang memikili ekonomi atas mereka akan gengsi atau malu untuk membuang sampah nya sendiri ke tempat pembuangan sampah yang disediakan oleh pemerintah. Nah dengan keadaan seperti ini kita bisa membuka usaha pengambilan sampah. Saya memilih untuk membuka usaha jasa pengambilan sampah karena semua orang akan membutuhkan jasa seorang tukang sampah, karena sampah setiap hari pasti ada dan tidak akan pernah berkurang yang ada justru nambah.

GAMBARAN USAHA 

Konsep usaha “SAMPAH PANGGILAN” ini nantinya kita akan mengambil sampah sesuai dengan panggilan dari pelanggan. Pertama untuk memulai bisnis ini kita merekrut beberapa tukang sampah yang tadinya berjalan memakai gerobak. Jadi kita bisa merubah citra tukang sampah yang tadinya pekerjaan yang rendah dan kotor menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Untuk hal setelah kita merekrut beberapa bapak- bapak tukang sampah itu kita mendatangi perumahan perumahan yang ada di area sekitar tempat kita mendirikan usaha.

Kita adakan promosi atau pengenalan usaha kita ini pada saat acara pertemuan yang diadakan oleh warga perumahan itu. Kita kenalkan usaha kita kepada warga yang ada di perumahan tersebut. Dengan kita membangun usaha ini kita sudah banyak membantu orang – oran gdi sekitar kita. Kita memudahkan orang untuk dapat membuang sampahnya tanpa harus keluar rumah untuk repot repot dan bau membuang sampahnya. Kita juga membantu orang – orang yang tadinya bekerja mengambil sampah yang harus susah – susah dan berat menarik gerobaknya untuk bekerja. Sekarang dengan kita membuka sampah panggilan ini kita member mereka fasilitas untuk menjadi tukang sampah yang bisa memiliki gaji yang menjanjikan.

Nantinya kita akan memberikan mereka seragam agar terlihat lebih formal dan tidak kotor, kita juga akan memberikan peralatan yang memadai sebagai tukang sampah supaya mereka juga bisa terhindar dari penyakit yang timbul dari sampah – sampah. Kita juga memeberikan mereka jaminan kesehatan agar selama mereka bekerja dapat terjamin keselamatannya

Untuk target pasar nya kita akan memburu warga – warga perumahan atau warga yang memiliki ekonomi atas karena kebanyakan dari mereka sudah sibuk bekerja dan cenderung tidak sempat untuk membuang sampahnya. Dengan adanya sampah panggilan ini nanti mereka hanya membuang sampah melalui whatsapp dan masalah dalam pembuangan sampah mereka akan terselesaikan.


KEUNGGULAN USAHA

Apabila kita membuka usaha alangkah lebih baiknya dari usaha kita ini juga bisa mendatangkan kebaikan kepada orang – orang. Jangan sampai dengan adanya usaha kita justru akan membuat orang sengsara atau sampai kehilangan pekerjaannya. Dalam usaha ini karyawan yang akan kita rekrut ini adalah karyawan yang tadinya sudah memiliki profesi sebagai tukang sampah dan memiliki ekonomi yang rendah. Dengan begitu kita juga sekaligus dapat membantu mereka dalam memnuhi kebutuhan sehari hari mereka. Dengan adanya lapangan pekerjaan ini tidak profesi sebagai tukang sampah tidak akan lagi di pandang rendah.

Keunggulan yang ke dua kita juga bisa memudahkan orang untuk membuang sampah nya jadi sampah sudah bukan lagi masalah yang serius untuk mereka. Dengan kesibukan yang sangat padat biasanya sampah dirumah tidak sempat untuk di buang dan lama kelamaan akan numpuk dsn menimbulkan bau yang busuk. Dengan adanya sampah pangilan mereka tidak perlu lagi repot repot untuk pergi mencari tukang sampah. Jadi masalah sampah sudah bukan lagi masalah yang serius untuk mereka yang memiliki kesibukan.
 Manfaat

Manfaat yang ditimbulkan dengan adanya usaha ini yaitu kita memudahkan orang lain untuk mengatasi masalah sampah yang makin hari makin banyak dan menumpuk. Dengan kita mengurangi sampah kita dapat membuat lingkungan lebih bersih lagi. Kita juga membuka lapangan pekerjaan baru yang bisa mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Kesimpulan

Dengan kita membuka usaha membuang sampah lewat whatsapp ini kita bisa memudahkan banyak orang dalam mengatasi masalah sampah di rumahnya yang semakin lama semakin banyak bukannya berkurang. Orang – orangyang sibuk bekerja tidak akan sempat untuk memikirkan sampah mereka padahal membuang sampah ini merupakan kegiatan wajib yang harus setiap hari di lakukan karena apabila tidak sampah akan terus menggunung dan menghasilkan bau busuk.

Selain kita membantu orang lain untuk membuang sampah kita juga membantu tukang sampah yanga tadinya memiliki pekerjaan yang dipandang rendah sekarang jadi memiliki pekerjaan yang layak dan lebih terjamin penghasilannya. Walaupun masih menjadi tukang sampah tetapi memiliki gengsi  yang lebih baik karena kita tidak menyebutnya sebagai tukang sampah tetapi tenaga kebersihan.

0 Response to "Buang sampah via aplikasi whatsapp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel