kesalahan yang dilakukan pebisnis online pemula

Www.cakupanbisnis.com
sumber gambar: hitsss.com

kesalahan yang dilakukan pebisnis online pemula, bagi sobat sekalian yang mungkin baru memulai untuk terjun di dunia bisnis online atau mungkin yang sudah lama menggeluti bidang ini akan tetapi tidak lekas mendapatkan keuntungan atau perkembangan bisnisnya lambat, kali ini cakupanbisnis akan membahas poin penting yang bisa sobat hindari ketika menjalani bisnis online.

Sobat baca sampai kelar ya, jika tidak ingin bisnis onlinenya bangkrut di tengah jalan karena melakukan beberapa kesalahan berikut.


Jika sobat bertanya " Bisnis online inikan mudah gan? " ya memang mudah, kita cukup duduk menghadap smartphone atau pc dengan koneksi internet, terus kita cuman modal cuap - cuap mempromosikan produk  di web atau media sosial yang kita punya maka pembeli akan datang untuk memesan produk kita.


Selain kemudahan itu, kita juga bisa bejualan tanpa harus menyetok / memiliki barangnya, kita bisa berjualan ke Jakarta, Bali, Surabaya, Malang dan kota - kota lainnya tanpa harus datang ke kota tersebut.


Lantas apakah dengan kemudahan tersebut bisnis online sobat akan terus eksis? Bisa jadi iya, tapi juga bisa tidak, sobat akan mengalami jatuh, bangkrut dan bahkan bisnis online mati, jika melakukan kesalahan di bawah ini.


Baik langsung saja saya bahas kesalahan apa yang harusnya sobat hindari ketika terjun di usaha bisnis online.


Kesalahan pertama: SALAH DALAM PROMOSI


 Apakah sobat suka promosi di sosmed? Apakah sobat cara promosinya dengan cara langsung share link produk sobat ke sosmed secara terus menerus?  Apakah sobat bisa mengerti tipikal orang - orang yang berada di sosmed? Jika iya, maka perlu sobat perhatikan dan benahi cara tersebut.


Sobat pahami bahwa tipikal orang - orang di sosmed adalah mereka yang mencari hiburan dan informasi, mereka sangat jarang masuk ke sosmed dengan tujuan untuk membeli produk secara online.


Dan jika sobat sering share link produk jualan online sobat ke sosmed, yang ada oleh mesin server sosmed tersebut postingan sobat ini di anggap spam, alih - alih produk sobat laku,yang ada malah akun sosmed sobat bisa di block, di banned dan di anggap spammer.


SOLUSI:
Share link produk sobat ke group sosmed yang memang sesuai bisnis sobat, misal share produk terbaru sobat ke komunitas atau group jual beli online dsb.


Kesalahan kedua: SOBAT CUKUP PUAS DENGAN MENJADI PEDAGANG, TAPI  TIDAK INGIN BERUSAHA MENJADI PEMBISNIS


Ketika sobat menjadi pedagang, barang produk laku terjual ya sudah kelar, selesai dan anda puas,  sobat tidak berusaha lagi supaya menjadi seorang pembisnis.


Ketika sobat menjadi seorang pembisnis, sobat tidak hanya memikirkan bagaimana produk jualan online sobat laku, tapi sobat juga harus berfikir secara keras bagaimana supaya pelanggan saya puas terhadap produk saya dan dia bisa loyal terhadap toko online saya.


Saat pelanggan sobat puas, tidak menutup kemungkinan mereka akan menceritakan kepuasaan mereka ke orang - orang terdekat, bahkan juga bisa jadi pelanggan sobat mengajak orang terdekatnya untuk membeli, membeli dan memebeli lagi produk anda, karena pola pikir seorang pembinis adalah selain mereka berfikir bagaimana produknya bisa terjual, mereka juga berfikir supaya pelangganya merasa puas atas produknya, jika pedagang hanya memikirkan bagaimana produknya bisa terjual, itulah perbedaanya.


Kesalahan ketiga: SOBAT HANYA BERKUTIK JUALAN ONLINE DI MARKETPLACE


Memang, ecommerece di peruntukan bagi mereka yang ingin berjualan secara online, akan tetapi jika sobat hanya berkutik di ecommerce / marketplace tersebut yang ada sobat akan gagal sukses bahkan brangkrut di karenakan kalah dalam pesaingan, setiap hari ada puluhan bahkan ratusan orang untuk membuka toko online di marketplace.


Di marketplace sobat akan mengalami yang namanya persaingan produk, perang harga dan bahkan perang promosi, jika sobat sampai kalah dalam pertarungan tersebut, maka sobat bisa menyimpulkan apa yang bakal terjadi pada bisnis online sobat.


Lantas bagaimana juga jika marketplace tempat sobat jualan online tiba - tiba servernya down, atau foundernya menutup situsnya karena suatu masalah. Aset jualan, postingan produk, pesanan pelanggan, hingga dari pelanggan  sobat yang belum seatlement pesanananya akan raib dan hilang.


SOLUSI:
Buatlah situs web, blog, atau toko online sendiri, untuk hal ini sobat tidak harus mahir coding / bahasa pemograman, gunakan fasilitas wordpress, blogspot, winmarket, dsbnya untuk membuat toko online sendiri, yang jelas - jelas hosting dan domainnya sobat sendiri yang mengelola.


Dengan begitu, kendali toko online sobat pegang dankelola secara pribadi, tanpa ada perang harga, tidak ada perang tarif dan sobat juga tidak pusing - pusing untuk perang promosi, semua sobat yang menguasai.


Sobat hanya perlu, membeli hosting dan domain, sedikit optimasi terhadap toko online anda, mempelajari sedikit SEO ( search engine optimization ), dan memahami webmastertools, maka pihak googlelah yang akan bekerja menapilkan web toko online sobat di search engine mereka dan mendatangkan pembeli bagi sobat.


Kesalahan terakhir: SOBAT TIDAK MENGIKUTI PERKEMBANGAM TEKNOLOGI DAN CEPAT MENYERAH ( GAPTEK )


Banyak dari kita yang frustasi saat memulai bisnis online karena tidak adanya kecakapan terutama di bidang teknologi internet.


Saat kita tidak bisa bagaimana caranya supaya web toko online kita muncul di halaman depan google, kita bingung dan nyerah, saat ada link eror yang mengacu ke web  toko online kita, kita kelabakan karena tidak bisa membenahi, apalagi kalo ada masalah yang lebih lagi seperti gak laku - lakulah dagangan kita di kritiklah kita sama pelanggan.

Dengan masalah di  atas apakah sobat lngsung nyerah dan frustasi???


SOLUSI:
Selalu ikuti setiap perkembangan teknologi internet khususnya di bidang bisnis online, tambah wawasan sobat di bidang ini, jika ada dana lebih tidak ada salahnya sobat mengikuti les, seminar atau semacamnya.


Bisnis online adalah bisnis modern, bisnis masa depan dan yang menggelutinya juga di tuntut untuk menjadi orang yang modern pula ( melek teknologi ).


Demikianlah pembahasan tentang kesalahan yang dilakukan pebisnis online pemula dari cakupanbisnis, di atas merupakan segelintir saja, masih banyak hal - hal kesalahan lain yang bisa sobat cari dengan cara terus belajar serta menambah wawasan di bidang yg sedang di geluti.


Semoga dari segelintir pembahasan di atas bisa menjadi acuan bagi sobat - sobat yang menggeluti bisnis online, dan mampu meminimalisir kesalahan - kesalahan dalam berbisnis terutama di bidang online.


Saya ucapkan juga banyak terimakasih kepada saudara Minda Ar yang telah banyak menginspirasi dan mencerahkan saya dalam membangun blog ini.


SEMANGAT TERUS DALAM USAHA, SELALU BANGKIT KETIKA GAGAL SAMPAI KESUKSESAN ITU SOBAT RAIH.

SALAM SUKSES


0 Response to "kesalahan yang dilakukan pebisnis online pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel