Mari mengenal apa itu saham

cakupanbisnis.blogspot.com

Mari mengenal apa itu saham, apa yang ada di pikiran sobat ketika mendengar kata saham? grafik yang rumit? judi? atau apa? mungkin bagi sobat sekalian yang belum mengenal apa itu saham akan berfikiran begitu ya ketika mendengar kata saham.


Untuk memudahkan pengertian saham akan saya buat permisalan begini, ketika sobat ingin memiliki mall transmart, carefour atau sejenisnya sobat tidak perlu membeli kepada si pemilik mall, sobat hanya perlu membeli saham dari mall - mall tersebut.


Adapun saham sendiri adalah sejenis surat berharga yang membuktikan atas kepemilikan suatu perusahaan.



Saham  memiliki 2 jenis yaitu saham biasa dan saham preferen, mari kita rinci satu persatu.



Saham biasa atau istilah kerennya di sebut common stock adalah jenis saham yang  meliputi beberapa sertifikat kepemilikan atas suatu perusahaan dengan beberapa aspek penting bagi si perusahan itu sendiri, bagi si pemilik saham biasa ini akan mendapatkan hak berupa pendapatan sebagian dari penghasilan perusahaan tersebut tapi ya siap menanggung resiko juga jika si perusahaan tersebut mengalami kerugian.


Selain memiliki hak untuk mendapat sebagian pendapatan dari perusahaan, orang yang memiliki saham ini juga berhak ikut mengontrol kegiatan perusahaan tersebut sesuai kapasitas atau besaran saham yang dya beli dari si pemilik perusahaan itu sendiri.



Yang kedua adalah saham preferen atau di sebut juga sebagai preferred stock, sesuai dengan namanya, bagi orang yang memiliki saham preferen ini juga memiliki yang yang lebih dari pada orang yang memegang saham biasa seperti di atas.


Bagi si pemilik saham ini akan mendapatkan deviden terlebih dahulu daripada si pemegang saham biasa.



Adapun jika di kelompokan menurut kinerja perdagangan jenis saham ini memilik 5 kelompok.



1. Counter Cyclical stocks 



Jenis saham ini akan tetap tinggi dan tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi macro ataupun situasi bisnis apapun.



2.Speculative Stock



Jenis saham ini bisa jadi memiliki penghasilan yang tinggi di tahun berikutnya, namun tidak bisa di pastikan, karena jenis saham ini merupakan saham yang berasal dari sebuah perusahaan yang belum memiliki penghasilan tetap pada tiap tahunnya.



3. Growth Stocks 
jenis saham terbagi lagi menjadi 2 jenis yaitu:



a. Lesser Known. jenis saham ini berasal dari Emiten yang bukan dari seorang pimpinan dari sebuah industri atau perusahaan akan tetapi punya ciri sebagai Growth Stocks.



b. Well Known. Ini kebalikan dari Lesser Stock, jika di jenis ini berasal dari emiten yang mempunyai kemungkinan pendataan yang tinggi serta mempunyai reputasi yang tinggi pula.



4. Income Stock


Jenis saham yang berasal dari emiten yang berani membayar deviden lebih tinggi dari rata - rata deviden yang sudah di bayar di tahun lalu, jenis saham ini biasanya memiliki peluang pendapatan yang lebih tinggi serta teratur, jenis saham ini juga tidak begitu suka untuk mencoba menekan laba dan tidak begitu mementingkan potensi.



5. BlueChip Stocks


Yang terakhir ini adalah salah satu jenis saham yang biasanya di miliki oleh perusahaan - perusahaan yang bereputasi tinggi, berperan sebagai leader atau peminpin di industri sejenisnya, memiliki pendataan yang stabil dan secara teratur membayar deviden.



Di atas merupakan salah satu contoh kecil tentang saham, jika sobat ingin lebih dalam mengenal tentang apa itu saham, bisa mengunjungi situ idx.co.id.


Saran saya, kenali terlebih dahulu, pelajari dan mulailah masuk di dunia saham, maka sobat akan mengetahui bagaimana mudahnya memutarkan uang kita dan mendapatkan keuntungan yang besar di dunia saham ini.


BELAJAR, PRAKTEKKAN & NIKMATI HASILNYA.

2 Responses to "Mari mengenal apa itu saham"

  1. terimakasi penjelasan tentang mengenai saham sekarang saya jadi mengerti

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel